Langkah 8
Sahabat Teknologi Lucky Lutfianto membuat Video Pembelajaran ke 1 Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif dengan Konsep Pembatik Berdiferensiasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Penaklukkan Kerajaan Jahiliyah
Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif dengan Konsep
Pembatik Berdiferensiasi #pembatik2023
Penaklukkan "Kerajaan Jahiliyah"
Oleh :
Lucky Lutfianto, S.Pd.
Guru Kelas – SD Negeri Kandangan 03
Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang
E-mail : luckylutfianto14@guru.sd.belajar.id
Latar belakang pembuatan media ini adalah
1. Siklus Peningkatan Pembelajaran (SPP) 2 STiR Education mengenai pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
2. Program Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) dari Kemdikbud. Media ini berbasir TIK yakni dengan siswa menggunakan gadget untuk scan barcode yang berisi soal quizizz. Presensinya juga menggunakan barcode google forms
3. Kurikulum Merdeka dengan merdeka belajar dan merdeka mengajar sehingga dapat menjadikan siswa senang belajar dan guru senang mengajar.
4. Masukkan juri inobel kabupaten ketika mengikuti lomba inobel kabupaten. Media pembelajaran yang menarik dapat diterapkan disemua mata pelajaran. Media ini juga dapat digunakan untuk jenjang kelas yang berbeda.
5. Perkembangan IPTEK yang menyebabkan siswa banyak yang suka bermain game online, sehingga merancang media yang seakan akan anak bermain game yang menyenangkan.
6. Pembelajaran terpadu.
7. Pembelajaran berdiferensiasi
8. Pembelajaran yang mendukung terlaksananya profil pelajar Pancasila
Peran dan tanggung jawab kami dalam video ini adalah sebagai guru kelas 4 yang menerapkan kurikulum merdeka. Kami juga menjadi tutor untuk STiR Education di kecamatan kami sehingga perlu adanya contoh penerapan pembelajaran kooperatif dan kolaboratif sebagai bahan monitoring dan refleksi. Selain itu kami juga merupakan peserta PembaTIK 2023, sehingga perlu membuat video pembelajaran berbasis TIK guna menyelesaikan tugas akhir PembaTIK di level 2 dan level 4.
Pembelajaran Berdiferensiasi
Media ini mendukung proses pembelajaran berdifensiasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan :
1. Siswa dapat memilih pembelajaran yang disukainya. Di setiap penakukkan gerbang lapisan pertama berisi soal setiap mata pelajaran yang berbeda. Ada 8 mata pelajaran yang dapat dipilih siswa untuk ditaklukkan. Sehingga memperhatikan kemampuan, serta bakat dan minat siswa.
2. Siswa dapat berlajar sesuai dengan gaya belajar mereka. Siswa dengan gaya belajar visual dapat belajar dengan melihat tampilan media yang menarik. Soal yang ada di dalamnya juga terdapat gambar yang menarik. Siswa dapat membaca soal dengan menyenangkan. Siswa dengan gaya belajar audiotori dapat belajar dengan di dampingi musik yang menarik. Siswa dapat pula belajar tanpa perlu membaca, karena ada fitur pembaca otomatis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat belajar dengan bebas bergerak. Siswa dapat memilih gerbang mana yang ingin ditaklukkan dengan bebas.
3. Siswa belajar dengan teman kelompok yang memiliki kemampuan yang berbeda. Anggota kelompok diatur dengan kemampuan yang merata.
4. Pembelajaran dilakukan secara bersamaan.
Media Pembelajaran Penaklukkan Kerajaan Jahiliyah
Media pembelajaran ini berisi suatu zaman awal perkembangan IPTEK. Siswa kita ajak untuk berperan menjadi pahlawan dari beberapa kerajaan IPTEK. Pahlawan mendapatkan suatu misi untuk menaklukkan Kerajaan Jahiliyah. Kerajaan itu ingin ditaklukkan karena tidak mau mempelajari IPTEK sehingga menyengsarakan rakyatnya dengan kekuatan yang dimilikinya. Oleh sebab itu siswa berperan menjadi pahlawan yang akan menaklukkan Kerajaan Jahiliyah dengan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan yang dimiliki siswa digunakan untuk menjawab pertanyaan dari aplikasi quizizz dengan cara scan barkode disetiap gerbang yang dijaga oleh penjaga gerbang. Setiap gerbang berisi soal yang berbeda dari mata pelajaran yang diajarkan guru kelas 4.
Ada 8 gerbang yang mewakili mata pelajaran Matematika, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, SBdP (Seni Rupa), IPA, dan IPS. Di pembalajaran yang dilaksanaan kali ini berisi soal yang memuat materi bab 1 disetiap mata pelajaran. Setiap kali siswa scan barcode akan muncul soal yang berbeda karena soal bersifat adaptif. Meskipun siswa scan barcode yang sama, akan muncul soal yang berbeda, sehingga siswa tidak akan bosan dengan soal yang sama dalam menyelesaikan misi.
Ø Dinamakan Kerajaan Jahiliyah karena tidak mau mempelajari IPTEK. Jahiliyah mempunyai arti kebodohan. Diharapkan siswa berpengetahuan luas.
Ø Ada 3 lapisan gerbang menunjukkan ada 3 fase di jenjang SD yakni A, B, dan C dari tingkat mudah sampai lebih sulit.
Ø Ada 13 gerbang yang perlu ditaklukkan menyimbolkan jumlah tepuk pramuka yang mempunyai arti trisatya dan dasadharma.
Ø Ada 8 gerbang dilapisan pertama menunjukkan jumlah mata pelajaran yang diajakan guru kelas.
Ø Ada 4 gerbang dan 1 gerbang dilapisan kedua dan ketiga menunjukkan profil pelajar pancasila (P5).
Ø Lapisan pertama dan kedua dapat ditaklukkan dengan cara pembelajaran kooperatif.
Ø Lapisan ketiga harus ditaklukkan secara bersama dengan cara pembelajaran kolaboratif.
Ø Ada sumber belajar untuk membiasakan belajar dan berliterasi.
Ø Ada tombol Help untuk meminta bantuan yang mendakan kita sebagai makhluk sosial
yang tidak dapat hidup sendiri.
Ø Dapat dilakukan secara online dan offline.
Peraturan Penaklukkan Kerajaan Jahiliyah
No. |
Uraian |
Cara |
Keterangan |
Secara Online (Bila internet dan alat yang digunakan
lancar) |
|||
1 |
Gerbang 1 |
Menjawab benar soal quizizz minimal 2 dari 3 pertanyaan |
Mendapat nilai minimal 63 |
2 |
Gerbang 2 |
Menjawab benar
soal quizizz minimal 3 dari 5 pertanyaan |
Mendapat nilai
minimal 60 |
3 |
Gerbang 3 |
Menjawab benar soal quizizz minimal 6 dari 10
pertanyaan |
Mendapat nilai minimal 60 |
4 |
|
Menunjukkan hasil
menjawab soal quizizz |
Bila tidak
menunjukkan tidak mendapat stiker |
No. |
Uraian |
Cara |
Keterangan |
Secara Offline (Bila internet dan alat yang digunakan
kurang lancar) |
|||
1 |
Gerbang 1 |
Menjawab benar soal yang disediakan minimal 2 dari 3 pertanyaan |
Mendapat nilai minimal 63 |
2 |
Gerbang 2 |
Menjawab benar
soal yang disediakan minimal 3 dari 5 pertanyaan |
Mendapat nilai
minimal 60 |
3 |
Gerbang 3 |
Menjawab benar soal yang disediakan minimal 6 dari 10
pertanyaan |
Mendapat nilai minimal 60 |
4 |
Stiker Penaklukkan |
Menunjukkan hasil
menjawab soal yang disediakan |
Bila tidak
menunjukkan tidak mendapat stiker |
5 |
|
1. Gerbang Matematika 2. Gerbang PPKN 3. Gerbang Bahasa Indonesia 4. Gerbang Bahasa Inggris 5. Gerbang SBDP (Seni Rupa) 6. Gerbang Bahasa Daerah 7. Gerbang IPA 8. Gerbang IPS |
1 – 6 7 – 12 13 – 18 19 – 24 25 – 30 31 – 36 37 – 42 43 – 48 |
Kelebihan Media Pembelajaran
ü Dapat berkooperatif dan kolaboratif
ü Pembelajaran terpadu
ü Dapat digunakan pada kelas yang berbeda
ü Mendukung Profil Pelajar Pancasila
ü Menarik dan menyenangkan
ü Pembelajaran gamifikasi
ü Pembelajaran berdiferensiasi
ü Berbasis TIK
Tujuan
Siswa dapat memahami Bab 1 di semua mata pelajaran kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka, serta siswa dapat menggunakan IPTEK untuk kebutuhan yang positif seperti memahami pembelajaran. Siswa juga diharapkan lebih mudah memahami pembelajaran secara menarik dan menyenangkan dengan pembelajaran gamefikasi, berdiferensiasi, kooperatif, dan kolaboratif.
Tantangan untuk mencapai tujuan praktik tersebut adalah kooperatif dan kolaboratif siswa dengan kondisi lingkungan serta persiapan dalam pelaksanaan media. Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak. Pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Pengawas SD, Fasilitator STiR Jawa Timur, KKG Kecamatan Senduro, Kepala Sekolah, rekan guru, orang tua, dan siswa SD Negeri Kandangan 03.
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan, sangat efektif, karena siswa semakin aktif, bekerja sama untuk mencapai tujuan, belajar lebih giat, berpikiran maju, dan dapat menggunakan TIK dengan baik.
Respon orang lain terkait praktik yang dilakukan sangat baik serta mendukung pelaksanaan pembelajaran. Sehingga dapat dijadikan contoh dalam pelaksanaan pembelajaran secara kooperatif dan kolaboratif. Pihak yang terkait senang dan antusias dengan pelaksanaan pembelajaran tersebut. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pendapat pihak yang terkait dan video tersebut diputar dalam beberapa pelaksanaan desiminasi STiR dibeberapa kecamatan di kabupaten Lumajang. Orang tua siswa dan siswa juga senang dengan adanya pelaksanaan pembelajaran ini. Hal tersebut dibuktikan dengan respon siswa di akhir pembelajaran serta dukungan melalui surat pernyataan orang tua mengenai ijin pengambilan gambar/ video siswa untuk pembuatan video pembelajaran.
Kami mengucapkana terima kasih kepada semua pihak yang telibat dalam pembuatan video pembelajaran ini.
Semoga video ini dapat bermanfaat. Kami juga meminta maaf bila ada salah.
Selamat Menyaksikan
Link :
Bukti Karya dapat dilihat di https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/350935
Video singkat dapat dilihat di https://youtu.be/OSoMxJdTrL0
Video lengkap dapat dilihat di https://youtu.be/H_VFfF0MNQI
Dengan melihat video ini, Bapak Ibu semuanya akan mengetahui keseruan pembelajaran kolaboratif dengan platform teknologi dari sahabat teknologi Lucky Lutfianto. Selamat menyaksikan dan semoga kita semakin maju dan sukses dalam melakukan pembelajaran khususnya dengan menggunakan platform teknologi. Serta menjadikan guru senang mengajar siswa senang belajar. Ada orang membawa kemangi, tidak tahunya itu jamur. Pekenalkan nama saya Lucky, Sahabat Teknologi dari Jawa Timur. Salam dari kami Sahabat Teknologi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Lucky Lutfianto. Untuk lebih jelasnya dapat dikunjungi juga di : Instagram = @jagopelajaransekolah https://www.instagram.com/reel/CywywAxPyUf/?igshid=MzRlODBiNWFlZA== Youtube = JPS - Jago Pelajaran Sekolah https://youtu.be/fDNtIFTKKI8 Tik tok = @jagopelajaransekolah https://vt.tiktok.com/ZSNhDRqvC/ Facebook = Lucky Lutfianto https://www.facebook.com/luckylutfianto
0 komentar:
Posting Komentar